Home » » Pentingnya Pendidikan Komputer Sejak Dini

Pentingnya Pendidikan Komputer Sejak Dini

Pada mulanya, Para Ahli membuat komputer hanya untuk mengolah data dalam membantu mempermudah pekerjaan Ilmuwan, Lama kelamaan merambat ke dunia Perkantoran dan Pendidikan

Kini, Hampir semua bidang kehidupan saat ini sangat memerlukan komputer, Maka dari itu ketrampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting diperlukan dalam proses belajar /mengajar dari TK sampai Universitas, dan dalam kehidupan sehari hari.

Keunggulan Komputer di Dunia Pendidikan
Komputer sangat membantu sebagai Alat Bantu (media), Alat Uji, Alat Peraga yang dapat berinteraksi dengan siswa/anak. Namun interaksi komputer dengan anak, tetap memerlukan peran manusia (pengajar/guru yang berpengalaman).

Keunggulan Interaksi komputer dengan siswa ialah lebih cepat, lebih obyektif, dan sebagai alat peraga (simulasi) dengan resiko mendekati Nol.

Progam simulasi atau software yang baik untuk pendidikan anak ialah disesuaikan dengan usia. Para Guru/Orangtua harus memahami perkembangan pemahaman anak, Untuk anak usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra dan bahasa isyarat, Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa dan lambang/simbol tertentu bahkan sudah mulai bisa memahami logika.

Keunggulan komputer untuk anak-anak ialah pada program/software “edutainment” gabungan EDUcation (pendidikan) dan EnterTAINMENT (hiburan). Karena masa kanak kanak ialah masa penuh keceriaan/ hiburan & Program “edugame” gabungan EDUcation (pendidikan) dan game (permainan).

Software tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak, melatih syaraf motorik, Contoh: Permainan kombinasi benda, Berhitung, Tebak Angka, Tebak Gambar, Menyusun Gambar, Karena didukung peran perangkat media gambar, suara, bahkan gerak (multimedia). Sehingga Suasana Belajar Menjadi Menarik dan Menyenangkan.

Dukungan Pemerintah
Sejak diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi 2004 (KBK 2004), Pemerintah sudah sangat mementingkan pendidikan komputer / Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Untuk Mengamalkan Ilmu Teknologi Informasi Komputer ini sangat diperlukan ialah: Pertama: tenaga Pengajar Yang Berpengalaman, Yang kedua ialah Pengadaan Peralatan LAB Komputer dan lain lain. Saat ini Sudah Banyak Sekolah yang menjadi Sekolah Favorit karena mempunyai Tenaga Pengajar Komputer Berpengalaman, Memiliki Lab Komputer Yang Memadai lengkap dengan Internet 24 Jam. Semoga Pendidikan dengan bantuan Komputer Bisa Membuat Proses Belajar Tidak Lagi Membosankan dan Bisa membuat Pendidikan Indonesia Bangkit Mengejar dan mengalahkan Negara Maju.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. PendidikanTerbaru - All Rights Reserved
Template Modify by Premium Blogger Templates Inspired Blogger Tricks
Proudly powered by Bloggerfree download all